Menilai Dan Mengevaluasi Hasil Pembelajaran

Menilai dan Mengevaluasi Hasil Pembelajaran

Menilai Dan Mengevaluasi Hasil Pembelajaran

Cakupan Kegiatan Menilai dan Mengevaluasi Hasil Pembelajaran

Menilai dan mengevaluasi hasil proses pembelajaran merupakan tahapan penting dalam sebuah siklus peningkatan mutu. Setelah selesai melaksanakan proses pembelajaran maka penting bagi guru untuk melakukan evaluasi terhadap hasil pembelajaran. Selama ini guru hanya melakukan penilaian dan evalusi terhadap hasil  belajar siswa perlu juga bagi guru untuk melakukan penilaian dan evaluasi terhadap pelaksanaan proses pembelajaran dengan tujuan agar pelaksanaan pembelajaran bisa terus meningkat kualitasnya secara berkelanjutan. Kegiatan evaluasi yang dilakukan diantaranya mencakup:

  • Apakah perencanaan pembelajaran yang disusun telah sesuai dan dapat mencapai tujuan pembelajaran?
  • Apakah materi yang disampaikan sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran?
  • Apakah media dan sumber yang digunakan sudah sesuai dan dapat dimanfaatkan dengan maksimal?
  • Apakah metode yang digunakan sudah tepat?
  • Apakah dalam proses pembelajaran mendapatkan respon positif dari peserta didik?
  • Apakah teknik evaluasi yang digunakan dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran?
  • Apakah hasil evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai?
  • Dll

Refleksi Proses Pembelajaran

Setelah melakukan evaluasi perlu dilakukan program tindak lanjut untuk meningkatkan pembelajaran yang bermutu. Program tindak lanjut yang dapat dilakukan guru sebagai  refleksi terhadap proses pembelajaran diantaranya:

  • Meningkatkan kompetensi melalui berbagai kegiatan seperti seminar, diklat , dll
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran dimuali dengan memperbaiki penyusunan RPP,
  • meningkatkan penguasaan materi,pemanfaatan media dan sumber belajar,
  • penggunaan metode yang lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran
  • Dll

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari pemaparan diatas adalah bahwa untuk mendapatkan hasil yang berkualitas dituntut untuk membuat perencanaan dan proses pembelajaran  yang berkualitas juga. Dan kreatifitas guru sangat diperlukan dalam kegiatan belajar untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan.

Demikian uraian yang berkaitan dengan  salah satu kewajiban guru menurut undang-undang guru dan dosen yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran yang diambil dari berbagai sumber.

Semoga bermanfaat.


Tinggalkan Balasan