Proses Pembelajaran Yang Bermutu

Proses Pembelajaran Yang Bermutu

Melaksanakan Proses Pembelajaran yang Bermutu

Dalam Permendikbud No. 22 tahun 2016 dinyatakan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Prinsip Proses Pembelajaran Yang Baik dan Bermutu

Berdasarkan permendikbud nomor 20 Tahun 2016 tentang  SKL (Standar Kompetensi Lulusan) dan permendikbud nomor 21 Tahun 2016  tentang SI (Standar Isi), maka pembelajaran harus diselenggarakan dengan menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Dari peserta didik diberi tahu menuju peserta didik mencari tahu;
  2. Dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar;
  3. Dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah;
  4. Dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi;
  5. Dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu;
  6. Dari pembelajaran yang menekankan jawaban tunggal menuju pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi;
  7. Dari pembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif;
  8. Peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan fisikal (hardskills) dan keterampilan mental (softskills);
  9. Pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat;
  10. Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodho), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani);
  11. Pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat;
  12. Pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah peserta didik, dan di mana saja adalah kelas;
  13. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran; dan
  14. Pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya peserta didik.

Baca juga: 8 SNP (Standar Nasional Pendidikan) Yang Harus Kamu Tau

Proses Pembelajaran Yang Bermutu
Proses Pembelajaran Yang Bermutu

Mengacu pada prinsip prinsip tersebut diatas maka diperlukan langkah-langkah proses pembelajaran yang sistematis untuk menjelaskan suatu konsep materi kepada siswa. Guru perlu menerapkan konsep pembelajaran yang baik dalam setiap kegiatan belajar-mengajar dengan harapan akan mencapai tujuan yang dikehendaki  kurikulum. Langkah-langkah dalam kurikulum 2013 menitikberatkan pada keaktifan siswa di dalam kelas, maka dalam melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu dilaksanakan dalam 3 kegiatan yaitu: Kegiatan pendahuluan, Kegiatan Inti dan Kegiatan penutup. Apa saja yang perlu dilakukan dalam kegiatan tersebut:

Baca juga: Download Cara Membuat RPP K13 Revisi 2018

Kegiatan Pendahuluan

Dalam kegiatan pendahuluan yang perlu dilakukan adalah :

  • Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
  • Guru memberikan salam, menyapa dan berdo’a
  • Guru memberi motivasi belajar kepada siswa
  • Guru memberikan menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Guru memberikan apersepsi, mengaitkan keadaan sekitar, keadaan siswa, atau pengetahuan awal siswa dengan ilmu yang akan dipelajari.
  • Guru memberikan pengantar materi berupa materi dasar yang akan membantu siswa untuk menemukan konsep dalam kegiatan inti.

Kegiatan Inti

Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan. Mengamati, menanya, mengumpulan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan adalah tahapan-tahapan pembelajaran kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik yang merupakan pembelajaran berpusat pada siswa.

Hal- hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan kegiatan inti ini adalah sebagai berikut:

  • Guru harus menguasai materi yang akan disampaikan
  • Guru menguasai metode pembelajaran
  • Guru menyiapkan media pembelajaran
  • Guru menyiapkan sumber dan bahan ajar

Kegiatan Penutup

Kegiatan penutup adalah kegiatan akhir dari proses pembelajaran dalam kegiatan ini yang dilakukan guru adalah:

  • Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
  • Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
  • Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
  • Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
  • Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
  • Guru memberikan motivasi dan ucapan penghargaan karena kinerja siswa, dan
  • Guru dan siswa saling mengucapkan salam penutup.

Tinggalkan Balasan