Student Education

RPP Kurtilas Revisi 2018 Terintegrasi Panduan Pembuatan

RPP Kurtilas Revisi 2018 Terintegrasi PPK, Literasi, 4c dan HOTS

Dalam RPP Kurtilas Revisi 2018 dibutuhkan panduan pembuatan yang harus dipahami dengan seksama oleh seluruh guru. Setiap guru baik di sekolah umum maupun di madrasah wajib mempersiapkan kelengkapan RPP sebagai skenario pembelajaran yang akan diterapkan didalam kelas.

RPP Kurtilas Revisi 2018
RPP Kurtilas Revisi 2018

Komponen yang harus terintegrasi dalam RPP Kurtilas Revisi 2018, diantaranya adalah: PPK, Literasi, 4C dan HOTS.

PPK (Penguatan Pendidikan Karakter)

PPK adalah penguatan pendidikan karakter yang fokus pada peningkatan 5 karakter, yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

Literasi

Literasi adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.

4C

4C adalah singkatan dari Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation.

HOTS

HOTS adalah singkatan dari Higher Order of Thinking Skill; yaitu kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Contoh RPP Kurtilas Revisi 2018 Terintegrasi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP 1)
Sekolah                             : … (Misal: MTs Negeri 1 Bandung)
Mata Pelajaran                  : … (Misal: Bahasa Indonesia)
Kelas/Semester                : … (Misal: VII/Satu)
Materi Pokok                     : … (Misal: Teks Deskripsi)
Alokasi Waktu                   : … (Misal: 3 Pertemuan (6 JP)

Kompetensi Inti

Petunjuk: Tulis keempat KI

CONTOH

  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Petunjuk:

  • Rumuskan 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
  • Indikator merupakan jabaran dari KD.
  • Indikator pencapaian kompetensi adalah: (a) perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan (b) perilaku yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
  • Indikator KD dari KI-3 mencakup pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD dengan kemampuan kognitif mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan/atau mencipta.

CONTOH

KD Indikator
KD dari KI-1 (bila ada) Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
KD dari KI-2 (bila ada) Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada KD-nya).
KD dari KI-3 Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.
KD dari KI-4 Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.

Tujuan Pembelajaran

Petunjuk:

  • Rumuskan 1 (satu) atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian kompetensi.
  • Dalam hal indikator pencapaian kompetensi sangat spesifik dan tidak dapat diuraikan lagi, rumusan tujuan pembelajaran sama dengan indikator pencapaian kompetensi tersebut.
  • Apabila sebuah indikator pencapaian kompetensi masih dapat dirinci lagi, indicator pencapaian kompetensi tersebut dijabarkan ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan pembelajaran.
  • Tujuan pembelajaran mengandung unsur: audience (A), behavior (B), condition (C), dan degree (D).
  • Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk masing-masing pertemuan.

CONTOH
Pertemuan pertama

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. …
2. …
3. …
dst.

Pertemuan kedua

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. …
2. …
3. …
dst.

Fokus penguatan karakter:
(Tulis satu, dua, atau tiga nilai sikap utama yang hendak secara terencana ditanamkan/ditumbuhkan melalui pembelajaran yang direncanakan melalui RPP ini.Nilai-nilai sikap utama yang dimaksud adalah nilai-nilai sikap sebagaimana terkandung dalam kompetensi inti sikap spiritual dan sikap sosial serta nilai-nilai utama yang diprioritaskan oleh pemerintah dan satuan pendidikan yang bersangkutan.Nilai-nilai yang dijadikan fokus dipilih berdasarkan kesesuaiannya dengan materi/kompetensi yang dibelajarkan dan/atau metode pembelajaran yang diterapkan.Butir nilai sikap dituliskan dalam kata benda).
Contoh: kejujuran, kedisiplinan

Materi Pembelajaran

Petunjuk:

  • Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi
    pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial.
  • Butir-butir materi yang dimaksud harus relevan dengan indikator pencapaian kompetensi yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/ kandungan KD

CONTOH
Materi pembelajaran
… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi sebagaimana dicakup oleh KD).
a. Teks … (contoh teks terlampir)
b. Fungsi sosial teks … (uraian singkat terlampir)
c. Struktur teks … (uraian singkat terlampir)
d. Ciri kebahasaan: … (uraian singkat terlampir)
e. Tanda baca/pengucapan/intonasi … (uraian singkat terlampir)

Metode Pembelajaran

Petunjuk:

  • Tulis satu atau lebih metode pembelajaran yang diterapkan.
  • Metode pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi peserta didik mencapai indikator-indikator KD beserta kecakapan abad ke-21.

CONTOH
Pembelajaran dengan Metode Ilmiah Bahasa Indonesia SMP Kelas VII 2017

Media dan Bahan

Petunjuk:

  • Media
    Tulis spesifikasi semua media pembelajaran (video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dan sebagainya).
    Contoh:

    • Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
    • Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
    • Model: Nama model yang dimaksud
    • Gambar: Judul gambar yang dimaksud
    • Realia: Nama benda yang dimaksud
  • Bahan
    Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran) semua bahan yang diperlukan.

Sumber Belajar

Petunjuk: Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dan sebagainya.).

CONTOH

  • Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
  • Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan. Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
  • Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul artikel. Nama majalah, Volume, Nomor,
    Tahun, (halaman).
  • Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal terbit), Halaman, Kolom.
  • Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan).
  • Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan sekitar yang dimaksud.
  • Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta bidang keahlian dan/atau profesinya.
  • Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku).

Tulisan Berlanjut…

Untuk mendapatkan panduan pembuatan RPP Kurtilas Revisi 2018 Terintegrasi secara terperinci, silahkan download pada tautan: Download Panduan Pembuatan RPP K13 Revisi 2018

Tinggalkan Balasan