Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terbaru Teknik Penilaian Slide12

Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terbaru

Penilaian K13 (Kurikulum 2013 Revisi 2017)

Penilaian K13 (Kurikulum 2013 Revisi 2017). Regulasi Tentang Penilaian Hasil Belajar. Perbedaan Panduan Penilaian Edisi 2016 dengan Panduan Penilaian Edisi 2017. Standar Penilaian Pendidikan.

Regulasi Tentang Penilaian Hasil Belajar

  1. Pada awal diberlakukan K-13, penilaian menggunakan Permendikbud 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan.
  2. Selanjutnya diganti dengan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan à Panduan Penilaian Hasil Belajar dikeluarkan oleh Dirjen Dikdasmen, Edisi Desember 2015.
  3. Dengan terbitnya Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan à Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan oleh Dirjen Dikdasmen, Edisi Nopember 2016.
  4. Panduan Penilaian (Edisi 2015 & 2016) disempurnakan à Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan oleh Dirjen Dikdasmen, Edisi April 2017.
  5. Panduan tersebut diberlakukan efektif di madrasah mulai semester ganjil TP 2017/2018.

Perbedaan Permendikbud 104 Tahun 2014 dengan Permendikbud 53 tahun 2015

Kompetensi Inti Permen 104 Permen 53
Sikap Spiritual (KI-1) Sikap Sosial (KI-2) Penilaian dilakukan pada setiap KD dengan menggunakan berbagai teknik (observasi, jurnal, penilaian diri, dan penilaian antar-teman) •Tidak dinilai pada setiap KD, •Dinilai oleh wali kelas, guru dan guru BK berdasar observasi sikap dan perilaku siswa sehari-hari
Pengetahuan (KI-3) Keterampilan (KI-4) • Penilaian dilakukan untuk setiap KD dengan berbagai teknik: •(1) Pengetahuan (Tes Tulis, Tes Lisan, Penugasan) •(2) Keterampilan (Praktik, Projek, Portofolio).

Skala Nilai 1 – 4

Guru diberi kebebasan memilih teknik penilaian yang sesuai dengan karakteristik KD dan materi pembelajaran

Skala Nilai 0 – 100

Perbedaan Panduan Penilaian Edisi 2016 dengan Panduan Penilaian Edisi 2017

Tinggalkan Balasan